Prota Promes PPKn SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi

Prota Promes PPKn SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi

Program Tahunan (Prota) adalah rencana penetapan alokasi waktu satu tahun untuk mencapai tujuan (SK dan KD) yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada dalam kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh siswa. Atau dengan kata lain, Prota adalah merupakan program umum tematik terpadu untuk setiap kelas yang dikembangkan oleh guru. Program Tahunan tersebut sebagai rencana umum pelaksanaan pembelajaran muatan mata pelajaran setelah diketahui kepastian jumlah jam pelajaran efektif dalam satu tahun. Program tahunan perlu dipersiapkan dan dikembangkan oleh guru sebelum tahun pelajaran, karena merupakan pedoman bagi pengembangan program-program berikutnya, yakni Program Semester, Silabus, dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Setelah kita memahami arti dari Program Tahunan (Prota) ini, selanjutnya kita masuk kepada bahasan tentang hal-hal/ komponen apa saja yang wajib ada dalam hal penyusunan sebuah Prota ini. 

Program Semester (Promes) adalah merupakan penjabaran dari program tahunan yang berisi hal-hal yang ingin dicapai pada semester tersebut. Program semester (Promes) adalah rumusan kegiatan belajar mengajar untuk satu semester yang kegiatannya dibuat berdasarkan pertimbangan alokasi waktu yang tersedia, jumlah pokok bahasan yang ada dalam semester tersebut dan frekuensi ujian yang disesuaikan dengan kalender pendidikan. Promes akan mempermudah guru dalam alokasi waktu mengajarkan materi yang harus dicapai dalam semester tersebut. Atau dengan pengertian lainnya yakni bahwa Program semester adalah merupakan penjabaran dari program tahunan sehingga program semester (Promes) ini tidak bisa disusun sebelum tersusun program tahunan (Prota). Promes berisikan garis-garis besar mengenai hal-hal yang hendak dilaksanakan dan dicapai dalam semester tersebut.

Prota Promes PPKn SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013

Bagi anda yang membutuhkan file Prota Promes PPKn SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 silahkan langsung saja untuk mendownloadnya pada link di bawah ini :

PROTA&PROMES LAINNYA :

Prota Promes Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013
Prota Promes IPS SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013Prota dan Promes Bahasa Indonesia SMP Kelas 7 Kurikulum 2013
Prota Promes SMP/MTs Kelas 8 Prakarya Kurikulum 2013
Prota Promes SMP/MTs Kelas 8 Bahasa Indonesia Kurikulum 2013
Prota Promes SMP/MTs Kelas 8 B. Inggris Kurikulum 2013
Prota Promes IPA SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Semester 1 dan 2

SILABUS LAINNYA :

RPP SMP/MTS Lainnya :

Download Lainnya :

Program Tahunan (Prota) PPKn SMP/MTs Kelas VIII K13 Semester 1 dan 2.docxProgram Semester (Promes) PPKn SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 dan 2.docx

Demikian penjelasan tentang Prota Promes PPKn SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi semoga bia bermanfaat bagi bapak dan ibu sekalian, mudah-mudahan dengan adanya file ini bisa memberikan solusia atas kegiatan bapak dan ibu hadapi.

0 Response to "Prota Promes PPKn SMP/MTs Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel